Jumat, 31 Agustus 2018

Penyebab Dua Menstruasi dalam Satu Bulan

Ini normal bagi wanita dewasa untuk memiliki siklus menstruasi yang berkisar antara 21 hingga 35 hari, dan untuk remaja perempuan memiliki siklus yang berlangsung 21 hingga 45 hari. Tetapi setiap wanita berbeda, dan siklus setiap orang dapat bervariasi dari bulan ke bulan. Misalnya, selama beberapa bulan siklus Anda dapat berlangsung selama lebih banyak atau lebih sedikit dari bulan sebelumnya, atau mungkin mulai lebih awal atau lebih lambat daripada sebelumnya. Terkadang, Anda bahkan dapat memiliki dua periode dalam satu bulan.

Jika siklus Anda berada di ujung spektrum yang lebih pendek, Anda dapat memiliki periode Anda di awal dan akhir bulan tanpa alasan untuk khawatir. Tetapi jika Anda mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi normal dan mencurigai Anda mengalami periode kedua, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apakah perdarahan bercak atau menstruasi.

Jika Anda mengalami pendarahan menstruasi, juga dikenal sebagai menstruasi Anda, Anda harus berharap untuk berendam melalui pad atau tampon setiap beberapa jam. Darahnya juga akan berwarna merah cerah. Jika Anda bercak, Anda tidak akan cukup berdarah untuk mengisi pad atau tampon. Darah dari bercak biasanya berwarna merah gelap atau coklat.

Setelah Anda menentukan apakah Anda mengalami perdarahan bercak atau menstruasi, Anda dapat mulai mengeksplorasi apa yang mungkin menyebabkan peningkatan pendarahan Anda.

Penyebab

Pendarahan Anda yang meningkat dapat disebabkan oleh siklus menstruasi yang lebih pendek, atau oleh masalah kesehatan yang menyebabkan pendarahan vagina.

Penyebab siklus yang lebih pendek

Jika siklus Anda tiba-tiba menjadi lebih pendek, itu mungkin disebabkan oleh hal-hal berikut:

    anovulasi (kekurangan ovulasi)
    hipertiroidisme
    hipotiroidisme
    awal menopause
    masa pubertas
    fibroid uterus atau kista
    menekankan
    penurunan berat badan ekstrim atau keuntungan
    kontrol kelahiran
    penyakit

Kondisi itu menyebabkan pendarahan ekstra

Jika Anda biasanya memiliki siklus teratur, perubahan dalam siklus Anda, seperti tiba-tiba memiliki dua periode dalam sebulan, bisa menunjukkan kondisi medis. Beberapa kondisi kesehatan menyebabkan pendarahan yang dapat disalahartikan selama satu periode.

    Kehamilan dapat menyebabkan bercak. Bercak selama kehamilan bisa normal, tetapi Anda harus memberi tahu dokter Anda tentang pendarahan apa pun selama kehamilan.
    Infeksi menular seksual dapat menyebabkan keluarnya cairan dan perdarahan.
    Keguguran dapat menyebabkan pendarahan hebat. Jika Anda mencurigai Anda hamil dan mulai mengalami pendarahan yang sama dengan suatu periode, hubungi dokter Anda.

Faktor risiko

Jika Anda memiliki riwayat keluarga fibroid, kista, atau menopause dini, Anda berisiko tinggi mengalami dua periode dalam sebulan.

Anda harus membuat janji dengan dokter jika Anda:

    mengalami rasa sakit di perut bawah Anda yang tidak hilang setelah beberapa hari
    memiliki periode yang berat
    tempat atau berdarah di antara periode, yang sering keliru selama dua periode dalam sebulan
    menemukan hubungan seksual yang menyakitkan
    memiliki lebih banyak kram menstruasi daripada normal
    perhatikan bekuan gelap selama periode Anda

Komplikasi

Salah satu efek kesehatan dari pendarahan yang lebih sering adalah anemia, yang terjadi karena kurangnya zat besi dalam darah Anda. Dokter Anda dapat memeriksa kadar zat besi Anda ketika mereka melakukan tes lain untuk menentukan penyebab perdarahan abnormal Anda.

Gejala-gejala anemia dapat meliputi:

    kelelahan
    sakit kepala
    kelemahan
    pusing
    sesak napas
    detak jantung tak teratur

Pengobatan

Perawatan Anda akan tergantung pada penyebab pendarahan Anda yang sering terjadi. Jika Anda secara alami memiliki siklus yang lebih pendek atau jika Anda baru mulai menstruasi, Anda tidak perlu perawatan. Jika anemia mengkhawatirkan, dokter Anda dapat merekomendasikan suplemen zat besi.

Satu kemungkinan pengobatan untuk periode yang terlalu sering terjadi adalah pengendalian kelahiran hormonal. Jenis pengendalian kelahiran ini dapat membantu mengatur menstruasi Anda dan membantu menyelesaikan masalah anemia yang disebabkan oleh pendarahan hebat.

Di bawah ini adalah perawatan untuk kemungkinan penyebab perdarahan lainnya.

Hypothyroidism

Jika Anda memiliki hypothyroidism, itu berarti Anda memiliki kelenjar tiroid yang kurang aktif. Tubuh Anda tidak bisa menghasilkan cukup hormon tiroid. Dokter Anda akan meresepkan terapi sulih hormon tiroid yang dapat Anda ambil melalui mulut.

Hipertiroidisme

Jika Anda menderita hipertiroidisme, itu berarti Anda memiliki kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Tubuh Anda menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid. Beberapa perawatan tersedia untuk kondisi ini. Dokter Anda akan menyarankan yang mereka anggap terbaik untuk Anda.

Mati haid

Jika Anda mulai memasuki masa menopause, dokter Anda mungkin akan meresepkan terapi hormon dan terapi penggantian estrogen. Perawatan ini dapat membantu mengatur menstruasi Anda sampai perlahan menghilang saat menopause berlangsung.

Fibroid dan kista

Dokter Anda dapat merekomendasikan beberapa pilihan pengobatan yang berbeda jika Anda memiliki fibroid uterus atau kista:

    Intrauterine device (IUD): IUD adalah bentuk pengendalian kelahiran dan dapat membantu meringankan periode yang berat. Namun, itu tidak akan mengecilkan fibroid.
    Operasi ultrasound yang dipandu oleh MRI: Prosedur ini dilakukan saat Anda berada di dalam pemindai MRI. Ini dianggap tidak invasif, dan dokter dapat menggunakannya untuk menghilangkan fibroid atau kista. Prosedur ini hanya dilakukan di klinik khusus.
    Embolisasi arteri uterus: Ini adalah prosedur minimal invasif yang menghalangi suplai darah ke uterus. Itu menyebabkan fibroid meluruh dan menyusut.
    Miomektomi: Ada berbagai jenis miomektomi, yang merupakan prosedur pembedahan untuk menghilangkan fibroid. Pada miomektomi histeroskopi, fibroid diangkat melalui serviks. Tidak diperlukan sayatan. Dalam miomektomi laparoskopi, sayatan kecil dibuat di perut Anda untuk menghilangkan fibroid. Miomektomi perut adalah prosedur bedah perut terbuka.
    Histerektomi: Histerektomi adalah prosedur pembedahan untuk mengangkat rahim.
    Gonadotropin-releasing hormone agonists: Ini adalah obat yang dapat membantu mengobati fibroid. Mereka memblokir estrogen dan progesteron, dan mereka menempatkan Anda ke keadaan pascamenopause sementara, yang menghentikan fibroid tumbuh dan dapat menyebabkan mereka menyusut. Dokter Anda mungkin menggunakan perawatan ini untuk membantu mempersiapkan Anda untuk operasi.

Menekankan

Perubahan gaya hidup dapat sangat memengaruhi tingkat stres Anda, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Untuk membantu menghilangkan stres, cobalah sering berolahraga, berlatih meditasi, atau bahkan terlibat dalam terapi bicara.

Jika Anda merasa stres karena terlalu banyak melakukan sesuatu, mintalah bantuan. Mencari waktu untuk bersantai itu penting bagi kesehatan Anda, jadi jangan merasa buruk untuk mengatakan tidak pada proyek atau tanggung jawab tambahan.

Hilangnya berat badan ekstrem atau bertambah

Bicaralah dengan dokter Anda tentang kemungkinan alasan mengapa Anda mengalami perubahan berat yang drastis. Mereka akan bekerja dengan Anda untuk membantu Anda mengelola berat badan Anda.

Bereaksi terhadap pengendalian kelahiran

Kontrol kelahiran hormonal memperkenalkan hormon ke dalam tubuh Anda. Ini dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Anda mungkin perlu mencoba beberapa jenis alat kontrasepsi untuk menemukan yang cocok untuk Anda. Ini juga membutuhkan beberapa bulan bagi tubuh Anda untuk menyesuaikan dengan metode pengendalian kelahiran yang baru. Bicaralah dengan dokter Anda tentang apa yang Anda harapkan ketika memulai metode pengendalian kelahiran yang baru.

Mempersiapkan janji dokter Anda

Perubahan siklus menstruasi Anda dapat mengindikasikan masalah kesehatan, jadi selalu penting untuk mendiskusikan perdarahan abnormal dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin akan mengajukan banyak pertanyaan tentang gejala Anda. Dengan dipersiapkan untuk janji Anda, Anda dapat membantu dokter Anda menemukan perawatan yang tepat sesegera mungkin. Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan dokter Anda:

    Berapa lama siklus Anda? Apakah ini normal bagimu?
    Jika siklus Anda yang lebih pendek tidak normal untuk Anda, kapan perubahan perdarahan Anda mulai?
    Berapa lama pendarahan terakhir?
    Apa warna darahnya?
    Seberapa berat pendarahan? Seberapa cepat itu mengisi pad?
    Apakah ada pembekuan? Jika ya, seberapa besar mereka?
    Apakah Anda memiliki gejala lain?

Untuk menghitung panjang siklus Anda, mulailah menghitung pada hari pertama Anda berdarah. Ini akan menjadi hari pertama. Siklus Anda akan berakhir pada hari pertama Anda mulai berdarah lagi. Banyak aplikasi ponsel pintar tersedia untuk membantu Anda melacak siklus Anda. Jika Anda memiliki riwayat perdarahan yang tidak teratur, melacak siklus Anda pada aplikasi dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah dengan lebih cepat. Itu juga dapat memudahkan untuk membagikan informasi siklus Anda dengan dokter Anda.

Jika Anda berpikir Anda mengalami dua periode setiap bulan, bicaralah dengan dokter Anda. Mereka dapat membantu Anda menyeimbangkan kadar hormon dan mengatur pendarahan Anda. Anda mungkin perlu mencoba beberapa pilihan berbeda, tetapi dengan perawatan, Anda dapat meningkatkan lamanya siklus menstruasi Anda. Ini dapat membantu Anda kembali memiliki satu periode setiap bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar