Kamis, 30 Agustus 2018

5 Alasan untuk Berbicara Tentang Kesehatan Seksual dengan Dokter Anda

Berbicara tentang kesehatan seksual Anda dengan dokter Anda sangat penting tidak peduli apa preferensi seksual Anda. Jika Anda seorang pria yang berhubungan seks dengan pria lain, ada masalah kesehatan khusus yang harus Anda diskusikan dengan dokter Anda. Anda mungkin lebih rentan terhadap berbagai kondisi kesehatan. Ini termasuk infeksi menular seksual (IMS), kondisi kesehatan mental, dan penyalahgunaan zat.

Dokter Anda juga dapat merekomendasikan cara-cara untuk tetap aman dalam hubungan seksual Anda dan memeriksa citra tubuh Anda yang berhubungan dengan seksualitas Anda.

Anda mungkin memiliki kekhawatiran tentang pengungkapan identitas seksual Anda kepada dokter Anda. Tetapi penting bahwa Anda jujur ​​dengan mereka. Percakapan yang Anda miliki di ruang ujian bersifat rahasia, dan dokter Anda terikat oleh hukum untuk melindungi informasi pribadi Anda.

Dialog jujur ​​antara Anda dan dokter Anda dapat mengarah pada pendidikan tentang kondisi yang mungkin Anda rasakan. Anda mungkin juga belajar tentang kemungkinan diagnosis kondisi yang mendasari yang terkait dengan kesehatan seksual Anda. Terakhir, Anda mungkin menemukan beberapa cara untuk mencegah penyakit tertentu. Namun, jika Anda pernah merasa didiskriminasi atau tidak nyaman selama ujian Anda, Anda harus mencari dokter baru.

Berikut adalah lima alasan mengapa penting untuk memunculkan kesehatan seksual Anda dengan dokter Anda.
1. IMS, termasuk HIV

Sangat penting untuk belajar cara melindungi diri sendiri terhadap IMS, terutama jika Anda seorang pria yang berhubungan seks dengan pria lain. Dari tahun 2005 hingga 2014, jumlah diagnosa human immunodeficiency virus (HIV) meningkat sebesar 6 persen pada populasi gay dan biseksual, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

IMS adalah kondisi yang dapat Anda kontrak selama hubungan seksual dan dapat dengan mudah menyebar. Beberapa dapat memiliki sangat sedikit gejala luar. Anda tidak akan pernah tahu apakah Anda atau pasangan seksual Anda memilikinya tanpa diuji terlebih dahulu. IMS dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang serius, seperti mengembangkan penyakit seperti kanker dan AIDS.

Contoh-contoh IMS meliputi:

    HIV
    klamidia
    gonorea
    sipilis
    herpes (HSV)
    human papillomavirus (HPV)
    hepatitis A, B, dan C

Dokter dapat menyembuhkan beberapa IMS, tetapi tidak semua. Beberapa, seperti HIV dan herpes, bersifat kronis. Jika Anda menerima diagnosis HIV, Anda harus minum obat setiap hari seumur hidup untuk mencegah kondisi memburuk.

Dokter Anda dapat mendiskusikan risiko STI ini. Mereka mungkin menyarankan agar Anda diuji untuk mereka tergantung pada riwayat seksual Anda. Dokter Anda juga dapat mendiskusikan frekuensi Anda harus dites untuk IMS, setiap vaksinasi yang mereka rekomendasikan terhadap IMS tertentu, dan obat-obatan yang dapat Anda ambil jika Anda memiliki pasangan seksual yang HIV-positif.
2. Praktek seks yang aman

Percakapan tentang praktik seks aman harus sejalan dengan IMS. Dokter Anda dapat mendiskusikan tindakan perlindungan yang dapat Anda ambil saat berhubungan seks untuk mencegah penyebaran IMS. Ini termasuk cara-cara untuk melindungi diri Anda menuju hubungan seksual dengan pasangan dan saat berhubungan seks.

Anda atau dokter Anda mungkin ingin mendiskusikan penggunaan kondom dan pelumas untuk memastikan Anda telah melindungi seks.

Kondom adalah metode penghalang untuk mencegah penyebaran IMS ketika berhubungan seks. Dokter Anda mungkin menguraikan penggunaan kondom yang aman, seperti menggunakan kondom yang terbuat dari lateks atau bahan sintetis lainnya. Mereka juga dapat menginstruksikan Anda cara memasang kondom dengan benar.

Dokter Anda juga dapat mendiskusikan menggunakan pelumas berbasis air atau silikon. Ini dapat mengurangi kemungkinan kondom pecah atau tidak berfungsi.

Posisi seksual juga bisa menjadi topik untuk didiskusikan dengan dokter Anda. Jika pasangan Anda memiliki HIV, di mana Anda memposisikan diri saat berhubungan seks dapat meningkatkan atau mengurangi kemungkinan terinfeksi virus. Berada di atas, atau memasukkan penis Anda, selama seks anal mengurangi kemungkinan Anda tertular HIV. Menerima seks anal, atau berada di bawah, meningkatkan kemungkinan tertular kondisi.

Perilaku lain yang dapat mengurangi peluang Anda terinfeksi dengan IMS meliputi:

    menjaga jumlah pasangan seksual dalam hidup Anda rendah
    terlibat dalam hubungan monogami dengan pasangan seksual
    menghindari situasi di mana Anda mungkin menjadi mabuk dan terlibat dalam perilaku seksual berisiko
    diuji dengan pasangan Anda sebelum memiliki hubungan seksual

3. Citra tubuh Anda

IMS bukanlah satu-satunya alasan untuk mendiskusikan kesehatan seksual dengan dokter Anda. Identitas dan hubungan seksual Anda dapat memengaruhi citra tubuh Anda. Anda mungkin menemukan bahwa citra tubuh adalah faktor penting dalam citra diri Anda. Ini dapat menyebabkan terlibat dalam perilaku yang merusak atau tidak sehat untuk memenuhi tipe tubuh ideal.

Pria yang berhubungan seks dengan pria lain mungkin lebih berisiko mengalami gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia. Anda mungkin merasakan tekanan untuk mempertahankan sosok yang sangat bugar. Di sisi lain, Anda mungkin merasakan tekanan untuk mempertahankan sosok yang lebih penuh dan kurang fit. Ini dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan negatif lainnya.

Pria yang berhubungan seks dengan pria lain mungkin lebih berisiko mengalami gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia. Anda mungkin merasakan tekanan untuk mempertahankan sosok yang sangat bugar. Di sisi lain, Anda mungkin merasakan tekanan untuk mempertahankan sosok yang lebih penuh dan kurang fit. Ini dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan negatif lainnya.

Dokter Anda dapat mendiskusikan citra tubuh Anda dengan Anda dan konsekuensi kesehatan dari mencoba mempertahankan tampilan tertentu. Mereka juga dapat mendiskusikan cara-cara Anda dapat menjaga kesehatan Anda sambil menghindari perangkap mencoba mempertahankan tubuh yang ideal.
4. Kesehatan emosional Anda

Kesehatan mental Anda dapat terjalin erat dengan kesehatan seksual Anda. Ini terutama berlaku untuk pria yang berhubungan seks dengan pria lain. Anda mungkin lebih berisiko untuk mengembangkan kondisi kesehatan mental, untuk alasan-alasan seperti:

    stigma atau diskriminasi
    apakah Anda “keluar” atau merahasiakan seksualitas Anda dari keluarga, teman, dan orang lain
    kondisi kesehatan seperti IMS
    penyalahgunaan zat
    ancaman kekerasan

Dokter Anda dapat mengevaluasi kesehatan mental Anda. Mereka juga dapat membuat rekomendasi untuk perawatan dan dukungan untuk memastikan kesejahteraan emosional Anda.
5. Anda menggunakan tembakau, alkohol, dan obat-obatan

Bicarakan dengan dokter Anda tentang penggunaan tembakau, alkohol, dan obat-obatan. Anda mungkin berisiko penyalahgunaan zat jika Anda berhubungan seks dengan pria lain. Ini mungkin berhubungan dengan hambatan budaya tentang seksualitas atau perilaku Anda seputar seks.

Penggunaan tembakau, alkohol, dan obat-obatan dapat memiliki konsekuensi jangka panjang pada kesehatan Anda. Selain itu, perilaku yang terkait dengan penggunaan alkohol dan obat-obatan dapat meningkatkan peluang Anda melakukan seks yang tidak aman yang mengarah ke IMS.

Dokter Anda dapat menguraikan metode untuk mengurangi atau mengurangi penggunaan zat berbahaya.
Pandangan

Membicarakan kesehatan seksual Anda dengan dokter melampaui kehidupan seks Anda. Dokter dapat memastikan Anda mengetahui risiko terkait berhubungan seks. Mereka juga dapat memeriksa citra tubuh Anda, kesehatan mental, dan penggunaan zat berbahaya. Melihat dokter untuk banyak masalah ini akan memastikan Anda tetap sehat sepanjang hidup Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar